Tokoh Islam Yang Berpengaruh Dalam Dunia Sains

Banyak sekali kalau kita bahasa mengenai dunia Sains. Mulai dari cabang-cabang yang terdapat pada Sains, ada juga mengenai tokoh-tokoh yang terkenal seperti Alber Einstein, Galileo Galilei, Alexander Graham Bell, Aristoteles, George Ohm, John Dalton, Isaac Newton dan masih banyak lagi tokoh sains yang sudah sangat terkenal. Namun, dibalik itu semua ternyata ada terlebih dahulu tokoh muslim yang menemukan beebrapa ilmu sains pada zamannya.

Dari penemuan inilah, ilmu tersebut dikembangkan lagi dari generasi ke generasi hingga sampai berkembang pesat saat ini. namun, dalam halnya wawasan sudah tahukah kalian tokoh-tokoh islam yang mengembangkan dunia sains dari zaman dahulu ? jika kalian belum mengetahuinya, maka kali ini kita akan beritahu ebebrapa tokoh islam yang wajib kalian ketahui karena pintar dalam ilmu sainsnya.

Tokoh Islam Dalam Dunia Sains

# Tokoh Sains : Jabir Ibnu Hayyan

Tahun 712 Masehi, Di Irak menjadi tahun kelahiran dari tokoh sains yang bernama Jabir Ibnu Hayyan. Atau lebih dikenal di Eropa dengan nama Gebert. Gebert ini sendiri dalam ilmu sains memiliki pengaruh terhdap penemuan Ilmu Kimia. Awalnya sendiri, Gebert ini melakukan sebuah eksperimen yang baisanya di gunakan oleh para Professor. Dimana eksperimen ini mengenai suatu kuantitas zat yang berhubungan langsung dengan yang namanya reaksi Kimia yang telah terjadi.

Nah, dari keberhasilan praktikumnya inilah , ia menemukan bahwa hukum perbandingan tetap terhadap reaksi Kimia. Gebert sendiri juga menemukan reaksi kimia lainnya yakni : penguapan, sublimasi, dan terakhir kristalisasi yang hingga detik ini masih digunakan oleh pakar kimia yang ada di dunia.

# Tokoh Sains : Muhammad Ibnu Musa Al – Khawarizmi

Tepat di Uzbekistan Beliau lahir pada 780 Masehi silam. Dimana kalian harus tahu bahwa Beliau merupakan seorang penulis buku mengenai Al – Jabar yang menjadi buku pertamanya mengenai ilmu aljabar, solusi pada sistematik dari linear dan juga nitasi pada kuadrat. Kalian mungkin tidak kenlan dengan nama asli Beliau jika saya tidak beritahukan bahwa Beliau adalah ‘ Bapak Aljabar”.

Di abad ke 12, Al-Khawarizmi ini memperkenalkan yang namanya sistem penomoran bilangan desimal ke dunia barat. Ia pun juga merevisi Ilmu Geografi Ptolomeus dan juga sudah membuat tulisan mengenai Astronomi.

# Tokoh Sains : Abu Yusuf Yakub Ibnu Ishak Al-Kindi

Biasa lebih dikenal dengan Al – Kindi merupakan seorang Ilmuan yang telah menulis kurang lebih 720 Ensiklopedia mengenai berbagai macam bidang Ilmu. Nah, ilmuawan yang lahir tahun 801 Masehi ini sendiri merupakan ahli dalam Matematika, Kedokteran, Geografi serta Fisika. Selain di bidang Sains ternyata beliau juga menggeluti Ilmu Filsafat, musik serta Yunani kuno.

Al-Kindi juga di kenal sebagai seorang ilmuan multitalenta dan menjadi filsuf pertama yang beragama islam serta mahir dalam berbahasa Yunani. Semasa hidupnya pun, ia juga mendalami Ilmu pengobatan, Farmasi, Optik, Astrologi dll.

# Tokoh Sains : Abu Bakar Muhammad Bin Zakaria Ar-Razi

Sering dipanggil dengan AR-Razi ini lahir di Iran tahun 864 Masehi. Ia juga disebut sebagai bapak dari Imunologi karena memang telah menemukan penyakit alergi asma, Cacar, dan juga ilmu imunologi. Beliau juga sempat menekuni di bidang  kedokteran di Baghdad dan juga pernah diamanahkan menjadi pemimpin sebuah rumah sakit di Rayy dan Muqtadari.

Selain ilmu kedokteran , beliau juga mendlami ilmu farmasi dan juga matematika. Tak ketinggalan kimia juga digelutinya dan dikenal juga dengan bapak pembuat alat-alat kimia semacam ; Mortar, spatula dan tabung reaksi yang masih digunakan hingga detik ini juga.

# Tokoh Sains : Abul Qasim Khalaf ibn Al-Abbas

Lahir di tahun 936 Masehi, merupakan salah satu dokter pertama yang ahli dalam bidang gigi dan kelahiran anak. Selain dari itu, ia juga yang menciptakan sebuah penemuan mengenai obat-obatan. Abul Qasim sendiri pernah menciptakan alat bedah sendiri lho. Dengan teknik pengoperasiannya sudah maju hingga saat ini. dan beliau juga pernah menulis buku tentang kedokteran gigi.

# Tokoh Sains : Ibnu Sina

Yang satu ini mungkin sudah sangat terkenal dan memang ia merupakan Ilmuwan dan juga filsuf terkenal di tahun 986 Masehi. Dia juga pernah menulis buku mengenai organ tubuh, penelitian penyakit TBC, diabetes dan penyakit lainnya.

Selain itu, dia juga telah menyelesaikan Ilmu akhiratnya yakni menyelesaikan hafalan Al-Qur’an sejak umur 10 tahun dan sisanya baru dihabiskan untuk mendal;ami ilmu kesehatan, psikologi, geologi dan filsafat.