Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Dunia

Sains yang memang menjadi sebuah hal yang tidak bisa dilepaskan dari berbagai macam penemuan penting yang pada awal mulanya digagas oleh para ilmuwan. Penemuan tersebut yang pada akhirnya membawa pengaruh yang cukup signifikan bagi kehidupan dari manusia. Dengan kemajuan sains, kehidupan manusia sehari-hari nantinya akan menjadi lebih mudah dan bahkan dapat menjadi lebih berguna untuk membantu hubungan kemanusiaan.

Penemuan Sains Paling Berpengaruh di Dunia

Sains bisa menjadi sebuah hal yang dapat dikatakan sebagai ilmu pengetahuan muncul dari pengelompokkan secara sistematis dari berbagai macam penemuan ilmiah. Data tersebut berupa fakta-fakta, prinsip-prinsip, model-model, hukum-hukum alam, dan juga berbagai macam teori yang pada akhirnya membentuk sebuah pengetahuan ilmiah dari berbagai macam hasil kegiatan sains di berbagai penemuan sebelumnya.

Di zaman kuno juga sudah banyak berbagai penemuan sains yang berpengaruh di dunia dan juga perlu untuk dikembangkan lagi menjadi sebuah bagian dari ilmu pengetahuan saat ini. Kira-kira apa sajakah penemuan sains yang paling berpengaruh di dunia ? Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Vaksin

Seperti yang dicatat dalam sebuah laman History of Vaccine, pada abad ke-9 hingga ke-10, Tiongkok Kuno yang sudah menemukan metode vaksin cacar untuk pertama kalinya. Namun, metode tersebut juga masih dianggap sangat sederhana. Bahkan, konsep mengenai vaksin sudah ada jauh Sebelum Masehi pada saat sejarawan dan juga para filsuf Yunani Kuno mengamati bahwa cacar ini sebuah penyakit yang bisa menular dan sulit untuk menjangkiti orang yang sama (imunitas).

Baru pada era 1700-an, seorang dokter sekaligus juga seorang ilmuwan bernama Edward Jenner menemukan sebuah metode vaksinasi cacar secara klinis dan modern. Penemuan ini membawa dampak yang cukup besar bagi Eropa dan juga beberapa negara-negara lainnya. Saat ini, vaksin adalah sebuah hal wajib yang harus diberikan pada seseorang dalam dunia medis.

2. Penisilin atau antibiotik

Penisilin atau sebuah antibiotik adalah sebuah obat-obatan medis yang digunakan untuk dapat menghambat dan juga membunuh bakteri merugikan yang ada di dalam tubuh. Biasanya, bakteri jahat tersebut juga bertanggung jawab terhadap beberapa infeksi yang terjadi pada organ tubuh manusia. Seperti yang ditulis dalam laman American Chemical Society, pada tahun 1928 silam, seorang ilmuwan bernama Alexander Fleming menemukan sebuah senyawa yang dapat membunuh bakteri dan juga membunuh jamur.

Senyawa penisilin tersebut ternyata sangat efektif untuk dapat menghambat pertumbuhan dari bakteri, jamur, dan juga situs daftar s128 parasit yang merugikan tubuh manusia. Dengan penemuannya tersebut, kasus-kasus kematian akibat infeksi akut dapat menjadi sebuah hal yang ditekan dan bahkan dikendalikan. Hingga pada saat ini, antibiotik masih menjadi sebuah obat medis yang dikonsumsi untuk dapat melawan infeksi akibat adanya bakteri.

3. Perangkat listrik

Pada dasarnya, listrik merupakan salah satu dari bentuk energi alami sehingga tidak dapat diciptakan oleh manusia, seperti yang ikut dicatat dalam sebuah laman sains Universe Today. Namun, beberapa perangkat listrik yang telah diciptakan untuk dapat membantu kualitas dari kehidupan manusia.

Mulai dari ilmuwan Thomas Edison, Benjamin Franklin, Nikola Tesla, hingga beberapa penemu listrik yang lainnya, mereka telah berjasa menciptakan sebuah teknologi bagi umat manusia. Di zaman modern saat ini, kebutuhan akan perangkat listrik tersebut merupakan kebutuhan dasar dari kehidupan manusia.

4. Telepon

Tentu anda tahu dan mungkin sering menggunakan telepon sebagai salah satu dari alat komunikasi. Mulai dari smartphone sampai dengan telepon rumah, semuanya diciptakan untuk dapat membantu kehidupan manusia menjadi lebih baik lagi. Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan yang pertama kali berhasil menemukan telepon pada era 1800-an.

Saat ini, alat komunikasi tidak terbatas pada telepon kabel yang sering dijumpai di rumah maupun juga kantor. Komunikasi pada saat ini telah didominasi oleh koneksi dari internet jarak jauh. Dengan adanya alat komunikasi, manusia sekarang bisa menjadi lebih dekat antara satu sama lain meskipun berada pada jarak yang saling berjauhan.

5. Alat transportasi

Transportasi sudah menjadi bagian yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Penemuan di bidang transportasi juga ternyata memiliki sebuah sejarah yang cukup panjang. Wright bersaudara, misalnya, telah berhasil menemukan pesawat terbang untuk pertama kalinya pada tahun 1903. Ada pula Karl Benz yang telah menemukan transportasi darat dengan menggunakan mesin pada 1886. Mereka semua berjasa dalam meletakkan sebuah pondasi bagi setiap kemajuan teknologi yang ada di dalam bidang transportasi modern. Jarak antar negara yang sangat jauh sudah bukan menjadi penghalang bagi banyak orang lagi.

6. Satelit buatan

Beberapa macam satelit buatan seperti halnya satelit komunikasi, satelit cuaca, dan juga satelit militer telah diciptakan untuk dapat membantu meringankan tugas-tugas yang dimiliki oleh manusia yang awalnya dirasa cukup mustahil. Peta yang dulunya hanya berbasis manual dan konvensional pada saat ini sudah bisa dijelajahi secara digital dengan akurat.
Laman sains Space mencatat bahwa pertama kali Uni Soviet meluncurkan satelit pertamanya yaitu pada 1957 silam. Peristiwa tersebut merupakan salah satu dari tonggak bersejarah bagi umat manusia. Karena setelahnya ada banyak sekali misi-misi manusia ke luar angkasa, termasuk juga pendaratan manusia di Bulan.

7. Higgs boson atau partikel Tuhan

Penemuan partikel Tuhan merupakan salah satu dari penemuan paling menghebohkan yang ada di dalam dunia sains. Bagaimana tidak, partikel Tuhan atau Higgs boson yang sebelumnya diprediksi tidak akan pernah ditemukan, justru telah sukses ditemukan pada tahun 2012 lalu. Partikel ini merupakan sebuah partikel yang dianggap sebagai salah satu pembentuk massa. Itu sebabnya dinamakan sebuah partikel Tuhan. Bahkan, Stephen Hawking sebagai ilmuwan besar pun cukup terkejut dengan penemuan tersebut. Pasalnya, Higgs boson yang diklaim mampu membuka sebuah misteri hukum alam yang masih misterius di alam semesta.

8. USG

Dalam dunia medis, ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan nama USG merupakan salah satu dari metode penting untuk mengamati dan menganalisis sesuatu yang berada di dalam tubuh manusia. USG sangat penting peranannya bagi siapa saja yang memang membutuhkan analis medis yang tidak dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantu.

Laman CME Science mencatat bahwa ultrasonografi pertama kali diteliti oleh para ilmuwan bernama Lazzaro Spallanzani pada tahun 1794 silam yang berkaitan dengan suara khusus yang dikeluarkan oleh kelelawar. Pada 1900-an, beberapa ilmuwan kemudian sudah mulai menggunakan bantuan ultrasonografi di dalam bidang medis.

Demikian itulah beberapa penemuan sains yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Beberapa penemuan sains tersebut membuat kehidupan manusia saat ini lebih mudah. Penemuan-penemuan sains tersebut juga menjadi pondasi awal bagi kemunculan penemuan-penemuan luar biasa lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu anda menambah wawasan terhadap bidang sains. Terimakasih.