PARA SENIMAN MUDA INDONESIA

seniman muda indonesia

Indonesia sendiri kaya sekali dengan kesenian serta kebudayaan masyarakatnya. Banyak sekali seniman mulai dari yang tradisional hingga modern. Seiring dengan perkembangan zaman dan juga kemudahan untuk mengakses informasi yang sifatnya digital, memudahkan setiap orang untuk melahirkan banyak inovasi-inovasi baru dalam karya seni. Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak sekali para seniman berbakat. Nama-nama seperti halnya Raden Saleh, Affandi, Basoeki dan jiga Barli Sasmitawainata tentunya nama-nama tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat indonesia khususnya para pelaku seni. Karya-karya para seniman tersebut sudah melanglang buana dan juga sudah sangat dikenal bahkan di mancanegara. Sekarang ini generasi baru seniman indonesia terus bermunculan, tentunya juga dengan segudang karya mereka. 

Seniman Muda Asal Indonesia

Seniman-seniman muda yang bermunculan dan membuat banyak karya yang besar yang tidak hanya diakui oleh indonesia melainkan juga di mancanegara. Bahkan dengan karyanya tersebut mereka bisa mendapat keuntungan yang sangat tinggi. Di antara mereka usia bukan menjadi suatu halangan untuk dapat berkarya. Hal ini membuat indonesia sendiri bangga karena karyanya mendapat banyak pengakuan dan juga prestasi tingkat dunia.Dalam artikel ini akan diulas siapa saja seniman muda indonesia yang namanya tidak hanya terkenal di indonesia sendiri melainkan juga dikenal hingga ke mancanegara, berikut seniman-seniman muda indonesia.

Roby Dwi Antono

Pertama adalah Roby Dwi Antono dikenal sebagai pelukis yang mengusung aliran pop surrealism ini mencampur unsur mimpi dan juga sebuah imajinasi ke dalam karya-karyanya. Terkadang ia juga menambahkannya dengan beberapa bumbum drama melankolis, tak heran maka jika karya karyanya begitu unik, mungkin akan terlihat agak menyeramkan dan akan membuat yang melihat merinding. Namun, detail-detail dari lukisannya tersebut lah yang akan membuat decak kagum siapa saja orang yang melihatnya. Karyanya terlihat begitu nyata sekali membuat Roby Dwi Antono sendiri namanya juga sudah dikenal oleh dunia. Lukisan Roby Dwi Antonou yang dimana lukisannya memunculkan multi interpretasi yang menarik perhatian beberapa galeri-galeri seni di mancanegara seperti Sbobet88 dan juga karyanya berhasil menarik bursa seni internasional. Bahkan Roby Dwi Antono pria yang lahir 30 Oktober 1990 sendiri yang mempunyai lukisan surealis ini telah dipajang di ajang bergengsi seni rupa seperti halnya ART Stage di Singapore, Art Fair di Tokyo, juga dipasang di Art Phillipine. Ia sendiri juga kerap memajang karya-karyanya dan menampilkannya di ig pribadi miliknya. 

Naufal Abshar

Naufal Abshar sendiri adalah salah satu juga seniman muda berbakat tanah air. Walau masih muda, Naufal Abshar ini telah menggelar pameran solo di Art Porters Gallery di Singapura dengan tema pada saat itu ‘Is This Fate?’ Yang pada saat itu juga dikuratori oleh pengamat seni dari Israel. Jika di perhatikan juga Naufal Abshar ini selalu menampilkan semua karyanya yang penuh dengan humor atau juga ada unsur komedi di dalamnya. Ia sendiri seolah ingin membuat orang yang melihat karyanya ikut tersenyum dan juga senang dengan karyanya tersebut. Pria yang lahir di tanggal 13 Juli 1993 ini belajar di sekolah seni di Lasalle College of the Arts, Singapura. Karyanya bahkan pernah dibeli oleh kolektor seni asal Spanyol, Perancis, Singapura bahkan hingga Afrika Selatan. Keren banget ya. Karya yang mengagumkan yang bukan saja bisa dinikmati tetapi juga memberikan rasa senang kepada siapa saja yang menyaksikan karyanya tersebut

Bayu Santoso

Pria yang lahir 16 September 1994 ini juga merupakan salah satu dari seniman muda asal indonesia yang menorehkan banyak prestasi. Bayu Santoso pernah mengukir prestasi dengan mengalahkan banyak seniman pada saat kompetisi desain cover untuk album Maroon 5, yang pada saat itu hasilnya adalah Bayu Santoso berhasil mengalahkan banyak seniman lainnya. Dengan menggabungkan sebuah ornamen nusantara dan juga dengan unsur barat dalam lukisanya sosok harimau sebagai salah satu objek utamanya, Bayu sendiri menghasilkan banyak sebuah karya seni yang mengagumkan. Sebelumnya Bayu sendiri yang pernah menempuh di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini juga dahulu pernah memenangkan sebuah lomba poster yang digelar oleh musisi Billy Joel. Karyanya juga pada saat itu dipajang di Facebook musisi tersebut. Bayu Santoso juga sering memarkan kegiatan dan karyanya di akun sosial media miliknya di instagram. Kita semua patut berbangga diri karena menjadi orang indonesia. Sama seperti bayu yang sering menyisipkan banyak ornamen nusantara yang secara tidak langsung nantinya hal tersebut akan dikenal dunia luar sebagai identitas negara.

Sinta Tantra

 Sinta Tantra sendiri adalah seorang seniman muda asal Bali. Karya-karya seniman muda visual ciptaan nya telah terpampang di ruang publik di inggirs,Prancis bahkan Amerika Serikat. Lewat sebuah instalasi tiga dimensinya,  Sinta Tantra membuat jembatan yang membentang di atas sungai Thames, di London,yang tampak indah dengan warna-warni hasil lukisannya. Sebuah karya seni yang sangat mengagumkan. 

Hingga kini, Shinta sendiri iuga masih sibuk untuk mengerjakan berbagai macam karyanya untuk publik maupun juga untuk sebuah pameran, di inggris dan juga negara-negara besar lainnya. Seni publik yang sudah ia kerjakan juga dipajang di Bristol Royal Children’s Hospital di Canterbury Christ Church University, hingga karyanya yang lain yang juga dipajang di London Borough of Camden. Karyanya sudah tidak diragukan lagi mengingat banyak tempat-tempat penting di negara tersebut yang ia lukis.

Darbotz

Darbotz pria ini hanya dikenal lewat nama julukan dan karya muralnya. Walaupun seni mural memang sering dianggap mengotori kota, nanun keahliannya dalam membuat sebuah mural dapat dikenal hingga ke mancanegara. Darbotz bahkan karya milkita telah dipamerkan di berbagai pameran internasional seperti di antaranya di Australia, Singapura, Hongkong, Filipina dan juga Perancis. Salah satu kolaborasinya yang cukup mendunia yaitu ia pernah bekerja sama dengan merek sepatu asal California, DC Shoes. Koleksi sepatu dengan karya Darbotz tersebut laris manis di Jepang dan juga Brazil. Membuat pandangan dan stigma tentang mural yang selama ini di indonesia hanya dianggap sebagai salah satu hal yang mengotori. Sebenarnya mural sendiri adalah sebuah karya seni yang indah, hanya mungkin saja di indonesia sendiri penempatannya salah dimana kebanyakan mural kerap kali dibuat di tempat-tempat yang tidak seharusnya.

Itulah beberapa seniman muda asal indonesia yang sangat menginspirasi. Semoga kita bisa terinspirasi oleh semangat mereka dan terus berkarya. Luar biasa sekali karya yang di milkinta kita sebagai masyarakat indonesia sepatutnya bangga dengan prestasi yang dimiliki oleh anak mudanya. Semoga kamu yang juga punya mimpi menjadi seniman bisa tercapai, lakukan dengan serius dan jangan pernah mudah menyerah, nantinya hasil kreasi kamu bisa menjadi sesuatu hal yang sangat berharga. Terimakasih.