Lukisan Populer di Jepang

Negara Jepang merupakan salah satu negara dengan berbagai budaya dan keunikan yang dimilikinya. Tidak hanya dari situasinya, banyak hal dari Jepang yang cukup populer dan memberi peran kepada dunia. Tidak hanya memiliki makna maupun konsep yang unik. banyak lukisan di Jepang juga memiliki riwayat sejarah yang panjang dalam proses pengkreasian yang dilakukan oleh para pelukisnya. Namun segala hal tersebut memberi hasil suatu karya yang baik bagi banyak contoh lukisan dari Jepang.

Kebanyakan lukisan populer yang legendaris dari negara Jepang justru banyak dipengaruhi oleh gaya dan teknik melukis dari luar. Meskipun tema tradisional juga banyak memberi pengaruh dalam penggunaan warna, konsep serta tema yang akan dilukiskan dalam lukisan tersebut. Salah satu contohnya di masa lalu pada sekitar abad ke-16, seni lukis di Jepang sangat terpengaruh akan gaya melukis dari negara China. Sebagai sesama di kawasan negara Asia, konsep pengaruh sering mendominasi banyak hal seperti contohnya dalam bentuk budaya. Jepang menjadi negara yang cukup mendapat pengaruh ini.

Pada abad ke-17 silam, lukisan bergaya Eropa banyak mempengaruhi lukisan yang populer di Jepang. Periode ini berlangsung sejak sebelum masa perang, yaitu sekitar tahun 1868 hingga 1945. Di masa kini pengaruh besar dari Eropa tidak hilang dari tema lukisan di Jepang. Banyak faktor seperti agen sbobet terpercaya sentuhan tema romantisme masih terlihat begitu kental dalam banyak lukisan Jepang. Berikut 8 macam lukisan populer dari Jepang.

 

1. Tomioka Tessai dengan Lukisan Abe-no-Nakamaro

Pada lukisan ini Tomioka Tessai juga menyertakan puisi yang dilukis di dalam gambar. Puisi ini menjadi suatu karya seni yang unik karena turut serta menyertakan unsur sastra di dalamnya. Tema lukisan yang digambar merupakan pemandangan alam yang identik dengan kondisi tempat di Jepang. Warna yang dipilih sebagai tema dari lukisan ini juga menggunakan warna lembut yang menyejukkan mata. Ukuran dari lukisan ini digambar agak sedikit berbeda dari kebanyakan lukisan pada umumnya. Dimana bentuknya memanjang ke atas dengan lebar yang cukup pipih.

 

2. Kitagawa Utamaro dengan Lukisan Ten Studies in Female Physiognomy, a Collection off Reigning Beauties

Dalam lukisan ini Kitagawa Utamaro menggambarkan sosok seorang wanita dengan busana tradisional dan riasan yang membuatnya seperti seorang wanita tradisional lengkap dengan tata rias wajah dan rambutnya. Lukisan ini juga hanya mengutamakan sosok wanita yang menjadi pemeran utama dalam lukisan tersebut, tanpa memberi informasi banyak seputar lokasi atau keadaan lain yang sedang dialami oleh wanita tersebut. Sang wanita juga digambar bergaya ilustrasi tanpa menampilkan ekspresi raut wajah tertentu.

 

3. Kawanabe Kyousai dengan Lukisan Tiger

Kyousai merupakan salah sosok pelukis yang sangat populer di masa lalu Jepang tepatnya di zaman Edo. Kawanabe Kyousai menggambarkan sosok Harimau dengan gaya melukis unik yang menjadi ciri khasnya hanya disertai dengan background polos ditambah informasi yang ditulis dalam bahasa Jepang seputar gambar tersebut. Sama seperti pembahasan lukisan diatas, lukisan objek harimau ini juga berfokus pada tema utama objeknya. Sehingga tidak memfokuskan akan dekorasi meriah yang mendukung lukisan ini demi menaikkan kepopulerannya.  Rupa harimau yang digambar dengan menggunakan gaya melukis unik berhasil memikat banyak mata. Sehingga sekalipun lukisan ini terkesan sangat sederhana, namun masih banyak diminati aneka orang.

 

4. Hiroshi Yoshida dengan Lukisan Fuji from Kawaguchi Lake

Lukisan ini menggambarkan pemandangan gunung Fuji yang sangat populer di Jepang dengan gambar perairan Kawaguchi yang diselimuti salju lukisan ini terinspirasi pada model tampilan pemandangan bernuansa musim dingin yang identik dengan warna putih serta sedikit abu-abu dan biru sebagai warna dari perairan maupun daratan dari Gunung Fuji. Jika dibandingkan dengan kondisi nyata tentunya warna-warna yang dipilih ini menjadi sedikit tidak masuk akal. Namun sebagai bentuk karya seni, penggabungan warnanya membentuk nuansa suram namun tetap indah.

 

5. Takashi Murakami dengan Lukisan 727

Takashi Murakami merupakan salah satu pelukis di Jepang yang sangat populer hingga ke masa kini. Lukisan yang bergaya abstrak dengan perpaduan aneka warna cerah dan gambar sebagai objek ini tidak begitu diketahui membentuk apa. Namun kesan abstrak sangat tergambarkan dengan kuat dalam lukisan ini. Ditambah dengan corak warna background nya yang membentuk dekorasi unik bagi keseluruhan lukisan ini. Banyak mata berhasil dibuat terpukau saat melihat lukisan karya Takashi Murakami ini.

Takashi Murakami menjadi sosok seniman Jepang yang paling terkenal hingga saat ini banyak karyanya yang dijual di pasaran dalam harga tinggi dan dilelang secara besar-besaran. Karya seninya juga telah berhasil memberi inspirasi bagi banyak generasi seniman yang tidak hanya di Jepang tetapi juga di kancah dunia internasional. Banyak karyanya yang terkenal oleh karena penggunaan faktor-faktor seperti perpaduan warna  yang menggabungkan tema dari budaya tradisional Jepang dengan budaya populer yang sedang terjadi di masa kini.

 

6. Yayoi Kusama dengan Lukisan Pumpkin

Seperti yang telah diketahui Yayoi Kusama merupakan sosok pelukis terkenal yang karyanya terdapat Indonesia. Lukisan ini sendiri memberi aksen akan bentuk buah labu yang terbentuk dari pola melukis tertentu baik itu dalam membentuk objek labunya serta background itu sendiri. Selain aktif membuat lukisan, Yayoi Kusama juga banyak membuat karya 3 dimensi lainnya seperti yang dapat disaksikan di Museum Macan, galerinya yang terdapat di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

 

7. Tenmyouya Hisashi dengan Lukisan Futuristik Japanese Spirit No. 14

Dalam lukisan ini Tenmyouya Hisashi menggambarkan perpaduan budaya Jepang tradisional dengan gaya fiksi akan gambaran kemungkinan yang menjadi bayangan manusia akan masa depan. Objek-objek seperti senjata dan robot juga mesin tergambar dengan sangat kuat dalam lukisan ini. Namun uniknya sosok pengendara dari mesin tersebut justru digambar menyerupai bentuk seorang Sumo dengan pakaian yang menjadi ciri khasnya saat sedang bertanding. Hanya saja ukuran tubuh sosok itu lebih proporsional seperti manusia pada umumnya, tidak seperti layaknya pesumo yang terkenal bertubuh tambun.

Lukisan bertema futuristik ini banyak mengangkat perpaduan dari warna bernuansa kelabu suram serta warna kuning sebagai warna pada background di lukisan ini. Melengkapi nuansa latar tersebut, warna mesin yang dikendarai oleh sang pesumo berwarna ungu dengan sedikit ornamen yang menyerupai jimat bertuliskan kalimat dalam bahasa Jepang.

 

8. Katsushika Hokusai Lukisan Populer The Great Wave off Kanagawa

Lukisan ini sangat terkenal dengan menggambar Gunung Fuji beserta deburan ombak besar yang mencekam keberadaan para pelaut yang sedang berlayar. Gambar ombak yang didominasi dengan warna biru dan putih menjadi keindahan dari lukisan ini. Terlebih lagi terdapat beberapa perahu yang terlihat sedang berlayar di lautan yang terdapat di tengah deburan ombak besar. Gambaran ini menambah daya pikat dari konsep menariknya lukisan ini. Gelombang laut yang sangat besar dalam lukisan juga menjadi salah satu karya fenomenal yang sangat terkenal dari Jepang. Tema tampilan nuansa alam juga cukup sering diangkat sebagai landasan dari karya lukisan.

Lukisan ini banyak dianggap berusaha menyampaikan bahaya ancaman besar bagi kapal yang sedang berlayar di pantai lepas prefektur Kanagawa. Banyak orang lainnya menganggap bahwa lukisan ini menggambarkan akan bentuk masalah alam yang terkenal di Jepang seperti pasang surut air laut dalam kekuatan yang besar yang memberi bencana seperti tsunami. Demikian informasi seputar 8 macam lukisan populer dayang berasal dari seniman Jepang. Lukisan ini selain terkenal di negaranya sendiri namun juga banyak dikagumi oleh para pecinta seni di seluruh dunia. Demikianlah informasi seputar 8 macam lukisan populer yang berasal dari Jepang. Bagaimana pendapatmu akan ke-8 lukisan ini? Adakah lukisan diatas yang anda kagumi?