Inilah Hal Yang Membuat Seni Lukis Jadi Berharga

Sejatinya lukisan akan terlihat berharga pasti didukung dengan beberapa faktor yang ada. Sudah pasti pertanyaan demi pertanyaan mengapa sebuah lukisan yang terlihat sepertinya biasa saja malah laris di pasaran sana. Hal ini menunjukan bahwasannya, seorang pelukis akan memakai beberapa faktor atau beberapa unsur yang bisa membuat karyanya tersebut menjadi mahal. Maka dari itu, kali ini kita akan berikan mengenai topik kenapa seni lukis bisa terlihat berharga dimata pembelinya.

Penyebab Lukisan Bisa Menjadi Berharga

Diantara lukisan yang bisa mempunyai nilai tinggi, pasti disebabkan oleh beberpa faktor seperti yang ada di bawah ini :

  • Nama Pelukis : faktor utama yang bisa kalian lihat adalah mengenai nama dari sipelukis itu sendiri. Lukisan akan sangat berharga dan mahal jika memang pelukis tersebut sudah diakui sebagai maestronya dibidang lukis. Sudah dipastikan lukisannya tersebut akan mahal. Contoh : Van Gogh, Pablo dll.
  • Umur Dari Lukisan : biasanya semakin lama atau tua itu lukisan. Semakin tinggi juga nilai jual terhadap para kolektor seni.
  • Kualitas Dari Lukisan : sudah bisa dipastikan, dengan adanya kualitas dari sebuah lukisan. Maka nilai jual yang diperkirakan bisa besar sekali pastinya.

Faktor Dari Kualitas Lukisan

Mengenai lukisan itu berharga karena sudah pasti terdukung dari adanya suatu kualitas dari lukisan itu sendiri. Nah maka dari itu, kita akan jabarkan beberapa faktor dominan yang terdapat dalam kualitas seni lukis itu sendiri.

# Tema

Untuk menentukan adanya suau kualitas faktor pertama yang mendominasi adalah Tema. Dimana dengan menggunakan tema ini, kita jadi bisa menjabarkan mengenai lukisan yang kita buat ini. Entah nantinya akan membentuk suatu aliran Abstrak, Pluralisme dan masih banyak lagi aliran seni lainnya yang akan tercipta dengan penggunaan tema ini.

# Berkarakter Dan Juga Berbobot

Kerap kali kita sudah membuat suatu lukisan menggunakan hati dan juga sudah sesuai dengan pikiran yang disangkutkan pada imajinasi. Namun, hal ini pada dasarnya tidak dilihat oleh sang kolektor jika kalian tidak benar-benar mendasarinya dengan hati yang seiras dengan suatu idealisme. Maka dengan begitu, karya kalian akan ternilai oleh kolektor seni.

# Mendetail & Terjaga

Membuat sebuah lukisan bagi kebanyakan maestro walau berbentuk abstrak, namun tidak dibuat dengan asal-asalan saja. Walau meamng dipandang sebagian orang tanpa pengetahuan yang cukup pad seni lukis, akan terlihat itu hanyalah coretan baisa saja yang tidak mengandung arti yang berarti dari inti pada lukisan tersebut. Namun percayalah, ketika kalian mendetail sedemikian rupa tentang lukisan kalian dan juga menjaga lukisan tersebut. para kolektor akan melihat dan menghargai nilai seni yang kalian miliki.

# Menjaga Konsisten Dalam Ketidakteraturan

Hal ini sudah terjadi pada karya seorang pelukis ternama yaitu Afandi. Sudahkah kalian tahu tentang karya lukis dari Afandi ini ? dimana dalam karya seninya ini mengambil aliran seni ekspresionisme. Dengan menggunakan sapuan pada kuasnya yang menghasilkan suatu gambar yang tidak beraturan naun memiliki ciri khas tersendiri.

# Lukisan Harus Hidup

Artian hidup disini bukan untuk “ Bernafas” tetapi lebih diartikan kepada unsur mata. Dimana saat kita melihat lukisan yang kalian buat ini, bisa membuat mata seakan akan menari atas setiap polesan dari kuas yang kalian mainkan tersebut.

# Ukuran Pada Lukisan

Ini bisa dibilang menjadi suatu faktor pendukung terhadap kualitas dari lukisan itu sendiri. Dimana kalian bisa menghasilkan lukisan dengan ukuran yang kecil dan juga dengan ukuran yang besar. Mungkin hal ini tidak menjadi ini yang kalian pikirkan bahwa sulit membuat lukisan dalam bentuk yang besar dibanding harus membuat untuk yang ukurannya kecil. Walau tidak bisa dipungkiri, para kolektor termasuk admin pun lebih suka pada tipe tipe lukisan yang besar. Karena, dengan lukisan yang besar bisa lebih menonjolkan nilai estetikanya dan lebih bisa dipandang lebih jelas nantinya.

Nah, jika dirasa ini bisa kalian lakukan. Maka , kalian bisa coba untuk memulainya dari sekarang. Asah terus kemampuan ataupun bakat kalian dalam seni lukis ini yah. Agar nantinya kalian bisa menjadi seorang maestro ternama yang tercatat dalam sejarah dunia