Ilmuwan Wanita Yang Berpengaruh Pada Dunia Sains

Didalam sejarah lelaki lebih sering disebut sebagai orang yang berjasa dalam segala aspek. Namun, tidak lepas dari itu semua, ada beberapa wanita hebat yang juga bisa menghasilkan perubahan bagi dunia. Banyak sudah Ilmuwan wanita yang brilian memainkan peranannya untuk mengembangkan ilmu sains yang ada di dunia ini. sayangnya, dalam hal ini tidak banyak juga yang dikenal jasanya itu. Sehingga lagi-lagi ahrus mengalah atas tersaingi peran laki-laki.

Untuk mengembalikan bahwa wanita juga mempunyai kecerdikan, kecerdasan, mengenai ilmu sains. Maka saat ini, akan kita kenalkan kembali beberapa tokoh wanita yang berjuang untuk berkembangnya dunia Sains di dunia ini. langsung sja kalian bisa lihat artikelnya di bawah ini.

#1 Wanita Sains : Irene Joliot Curie

Dimana ia pernah belajar ilmu fisika dan juga kimia di Universitas Paris selama perang dunia pertama sedang berlangsung. Pada masa itu telah berakhir maka, dia juga sudah mulai beekrja sebagai asisten untuk ibunya di Paris Radio Institute, yang dikenal sebaagi Curie Institute. Penelitiannya pada bidang fisika nuklir ini meliputi struktur dari atom, terus juga proyeksi nukleus sebagai ilmu dasar dalam penemuan neutron, dan juga ada produksi Artifisial unsur radioaktif.  Curie sendiri pernah memenangkan Nobel Kimia tahun ’35 bersama dengan suaminya.

#2 Wanita Sains : Margarita Salas

Mendapatkan gelar Ph.D. dalam bidang kimia di universitas Complutense of Madrid. Dia sendiri mempromosikan  penelitian Spanyoldi bidang Biokimia dan juga Biologi Molekuler. Disini Margarita sendiri juga ikut serta dalam penyelidikan pembacaan Informasi Genetik. Margareta sendiri telah menerima beebrapa penghargaan yang disebut dengan penelitian Peneliti Eropa tahun’99 oleh UNESCO.

Dia sendiri diangkat sebagai salah satu Direktur Institute of Spain tahun ’95 – 2003 yang menyatukan semua akademi Kerajaan Spanyol. Desember 2018 lalu , sekolah Eliseo Godoy di Zaragoza diganti namanya menjadi Margarita Salas.

#3 Wanita Sains : Hypatia

Dimana ia pernah bekerja sebagai filsuf dan ahli matematika. Dia sendiri mengabadikan dirinya untuk mengajar dan juga mempelajari ilmu pasti. Walaupun Hyptia ini diakuinya sebagai ahli matematika wanita untuk pertama kali, faktanya pada zamannya itu karya ilmiahnya tidak ada yang diterima baik oleh beberapa kelompok yang menilainya sebagai “ pagan”.

Satu-satunya bukti yang menunjukan ini adalah fakta bahwa ajaran Hypatia berfokus pada karya-karya Plato, Aristoteles, dan juga Plotinus. Sosok ini juga dikagumki oleh para wanita di lauran sana yang telah mendedikasikan diri mereka pada Sains, Astronomi, Matematika dan juga oleh para aktivis dan feminis.

#4 Wanita Sains : Lise Meitner

Dimana dirinya adalah seorang ahli fisika yang menyelidiki tentang adanya radioaktivitas. Dia sendiri adalah seorang professor di Institut Kaiser Wilhelm dan juga Univesitas Berlin tahun 1926 hingga 1933. Sedihnya di tahun ’38 dia meninggalkan Jerman karena dia merupakan Yahudi.  Lise Meitner adalah bagian dari tim yang menemukan fisi nuklir, namun hanya temannya Otto Hahn yang menerima penghargaan dan juga hadiah Nobel dalam Kimia. Setelah itu barulah dia dikenal dalam dunia sains.

#5 Wanita Sains : Jocelyn Bell Burnell

Adalah seorang Astrofisikawan yang menemukan sinyal radio pertama dari sebuah pulsar. Yang dimana dia meruapakan bintang yang memancarkan radiasi sangat intens dengan interval pendek dan juga sangat teratur. Tutornya Antony Hewish menerima Nobel dalam fisika tahun ’74 walaupun menurut fakta bahwa sebenarnya dirinya lah yang membuat penemuannya itu. Aduhh,, pasti sakit banget ya penemuannya gak dianggap ☹.

Fakta ini tidak luput dari perhaian dunia ilmiah dikarenakan, banyaknya rekan untuk mengutuk tindakan terhadap penghargaan judi bola tersebut. namun, dirinya sendiri menganggap ini bukanlah berita buruk untuk dirinya. Dirinya di dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa da hal baik lainnya yang bisa saja terjadi padanya, karena dia juga memiliki sebuah pengakuan lainnya yang jauh lebih signifikan daripada hadiah Nobel tersebut. Burnell sendiri bsia disebut sebagai salah satu Ilmuwan yang memang paling berpengaruh di Inggris dan juga tentu saja dala Astrofisika.

Nah itulah atdi sebagaian wanita sains yang hebat bisa menemukan penelitian di bidang sains dan turut mengembangkan pengetahuan dalam dunia sains.